Tuesday, April 21, 2015

Integrasi Sosial

Menurut kelompok kami Intergrasi sosial adalah suatu tindakan pengendalian suatu konflik dan penyimpangan sosial.

Sedangkan dalam bahasa inggris, Integrasi adalah "integration" yang berarti kesempurnaan atau keseluruhan. integrasi sosial dimaknai sebagai proses penyesuaian di antara unsur-unsur yang saling berbeda dalam kehidupan masyarakat sehingga menghasilkan pola kehidupan masyarakat yang memilki keserasian fungsi.

Setelah kita mengetahui tentang arti dari integrasi sosial, kita akan melihat faktor penghambat dan pendukung terlaksananya integrasi sosial

Berikut beberapa faktor penghambat intergrasi sosial :
  1. Banyak siswa yang berasal dari berbagai suku bangsa dan daerahnya masing-masing
  2. Besarnya paham “ etnosentrisme” diantara siswa. Paham ini berarti menonjolkan kelebihan budayanya dan menganggap rendah budaya suku bangsa lain.
  3. Rasa mementingkan diri sendiri sehingga menghiraukan kepentingan bersama.
  4. Tidak adanya sikap menghargai kebudayaan yang dimiliki oleh siswa lain.
Setelah itu, ini beberapa faktor pendukung integrasi sosial:
  1. Faktor internal:
    • Kesadaran diri para siswa sebagai makhluk sosial
    • Tuntutan kebutuhan
    • Jiwa dan semangat gotong royong
  2. Faktor eksternal
    • Tuntutan perkembangan jaman
    • Persamaan kebudayaan
    • Terbukanya kesempatan berpartisipasi dalam kehidupan bersama
    • Persamaan visi, misi, dan tujuan
    • Sikap toleransi
    • Adanya Konsensus nilai
    • Adanya tantangan dari luar
  3. Homogenitas Kelompok
    Dalam sekolah yang tingkat kemajemukan (SARA) nya rendah, akan memudahkan integrasi sosial
  4. Besar kecilnya kelompok
    Semakin kecil anggota kelompok/siswa didalam sekolah, semakin mudah pelaksanaan integrasi sosial
  5. Efektivitas komunikasi
    Semakin mudah berkomunikasi dengan para siswa, maka akan mempermudah pelaksanaan integrasi sosial
By:
Dwika Satrio D       XI IPS 1/12
Felicia Tanudjaja     XI IPS 1/17
Joseph                   XI IPS 1/24
Laura Novita           XI IPS 1/26
Stephen Hariono     XI IPS 1/32

Edited by:
Stephen Hariono

Supported by:


No comments: