Wednesday, April 22, 2015

Latihan Soal Sejarah

Dalam post ini, kalian akan mendapatkan soal-soal tentang

  1. Proklamasi Republik Indonesia
  2. Pendudukan Jepang di Indonesia
  3. Akulturasi Budaya Indonesia
  4. Perang Dunia
Soal:
  1. Bagaimana bunyi Teks Proklamasi Republik Indonesia?
  2. Tuliskan syair lagu kebangsaan kita! Sertai dengan judul lagunya!
  3. Jelaskan penyebab pertentangan golongan muda dan golongan tua menjelang proklamasi Republik Indonesia?
  4. Jelaskan akibat pendudukan Jepang dibidang:
    1. Politik
    2. Ekonomi
  5. Gambarlah yang menunjukkan hasil akulturasi kebudayaan Indonesia asli dengan:
    1. Budha
    2. Islam
    Serta uraikan kebudayaannya!
  6. Jelaskan penyebab khusus Perang Dunia 1 dan Perang Dunia 2
  7. Kelompok apakah yang muncul untuk mencari kawan menjelang Perang Dunia 1?
  8. Jelaskan mengapa AS pencetus lahirnya LBB namun tidak bergabung menjadi anggota LBB?
  9. Jelaskan mengapa negara-negara yang netral di Perang Dunia 1 akhirnya menjadi ikut terlibat dalam Perang Dunia 1?
  10. Bagaimana sikap Pemerintah Belanda terhadap organisasi pergerakan nasional dengan adanya peristiwa Malaise
Jawaban:
  1. Bunyi Teks Proklamasi Republik Indonesia:
                                                                 Proklamasi
    Kami bangsa indonesia dengan ini menjatakan Kemerdekaan Indonesia.
    Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.
    Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05

    Atas nama bangsa Indonesia.

    Soekarno/Hatta.
  2. Indonesia Raya
    Indonesia Tanah Airku
    Tanah tumpah darahku
    Disanalah aku berdiri
    Jadi pandu ibuku
    Indonesia kebangsaanku
    Bangsa dan tanah airku
    Marilah kita berseru
    Indonesia bersatu

    Hiduplah tanahku, hiduplah Negeriku
    Bangsaku rakyatku semuanya
    Bangunlah jiwanya, bangunlah badannya
    Untuk Indonesia Raya
    Indonesia Raya, merdeka, merdeka
    Tanahku, Negeriku yang kucinta
    Indonesia Raya merdeka, merdeka
    Hiduplah Indonesia Raya
  3. Pertentangan golongan muda dan tua menjelang Proklamasi Republik Indonesia karena
    • Pendapat Golongan Muda:
      • Indonesia lebih baik mencapai kemerdekaan dengan usahanya sendiri
      • Indonesia sudah lama sekali menantikan kemerdekaan
      • Adanya berita menyerahnya Jepang terhadap Sekutu
    • Pendapat Golongan Tua:
      • Menunggu berita kekalahan Jepang secara resmi
      • Menunggu janji Jepang mengadakan sidang PPKI kedua
  4. Akibat pendudukan Jepang dibidang:
    1. Politik, banyak Organisasi Pergerakan Nasional Indonesia yang dibubarkan dan diganti dengan Organisasi bentukan Jepang yang mudah diawasi oleh Jepang.
      Selain itu, Organisasi ini juga menguntungkan karena anggotanya yang beranggotakan orang Indonesia, bisa dengan mudah berkomunikasi dengan para pejuang di luar kota melalui alat komunikasi Jepang
    2. Ekonomi, dibidang ekonomi, Rakyat Indonesia dirugikan karena adanya eksploitasi sandang dan pangan yang dilakukan Jepang terhadap rakyat, kekurangan pangan, mengakibatkan rakyat Indonesia kelaparan dan mudah terserang penyakit, lalu kekurangan sandang juga mengakibatkan rakyat menggunakan karung goni untuk pakaian sehingga banyak yang sakit dan tidak sedikit yang meninggal.
  5. Gambarlah yang menunjukkan hasil kebudayaan Indonesia asli dengan:
    1. Budha, 
      • Brahma Vihara di Bali yang terdapat undak-undak(kebudayaan Indonesia Asli) untuk mencapai kepuncak Vihara dimana dipuncak Vihara ada arca Budha(kebudayaan Budha)
    2. Islam
      • Makan Imogiri yang berundak-undak(kebudayaan Indonesia Asli) dimana di batu nisan nya terdapat tulisan arab(kebudayaan Islam)
  6. Penyebab khusus Perang Dunia 1 adalah dibunuhnya Pangeran Franz Ferdinand dari Hongaria-Austria dibunuh oleh kelompok teroris Serbia, Gavrilo Princip di Sarajevo tahun 1914
  7. Penyebab khusus Perang Dunia 2 adalah, Jerman menyerang Polandia pada 1 September 1939 dan anggota LBB seperti Inggris dan Perancis menyerang Jerman pada 3 September 1914. Sedangkan di Pasifik, Jepang menyerang Pearl Harbor, pangkalan militer AS terbesar di Hawai, yang membuat AS bergabung dengan Sekutu dan melawan Jerman, Jepang, dan Italia(terutama Jepang)
  8. Kelompok yang muncul untuk mencari kawan menjelang Perang Dunia 1 adalah Triple Alliance yang beranggotakan Jerman, Austria-Hongaria, Italia. dan Triple Entente yang beranggotakan Inggris, Perancis, dan Rusia
  9. AS pencetus lahirnya LBB namun tidak bergabung menjadi anggota LBB karena adanya perbedaan pendapat antara Kongres dan Senat di Amerika Serikat, namun Presiden Woodrow Wilson menyatakan bergabung secara pribadi
  10. Negara-negara yang netral di Perang Dunia 1 akhirnya menjadi ikut terlibat dalam Perang Dunia 1. Seperti AS yang awalnya netral, ia bergabung karena kapal dagang AS yang ditembak oleh kapal selam Jerman. Selain AS, Rumania bergabung karena tawaran Blok Entente yang menjanjikan wilayah besar di Transylvania dan Banat
  11. Sikap Pemerintah Belanda terhadap organisasi pergerakan nasional dengan adanya peristiwa Malaise adalah Pertama, akibat krisis ekonomi atau malaise yang melanda dunia, memaksa Hindia Belanda untuk bertindak reaksioner dengan tujuan menjaga ketertiban dan keamanan. Dalam rangka kebijakan itu, pemerintah Hindia Belanda mengeluarkan beberapa pasal karet dan exorbitante rechten secara lebih efektif. Kedua, diterapkannya pembatasan hak berkumpul dan berserikat yang dilakukan pengawasan ekstra ketat oleh polisi-polisi Hindia Belanda yang diberi hak menghadiri rapat-rapat yang diselenggarakan oleh pattai politik. Selain itu juga dilakukan pelarangan bagi pegawai pemerintah untuk menjadi anggota partai politik. Ketiga, tanpa melalui proses terlebih dahulu Gubernur Jenderal dapat menyatakan suatu organisasi pergerakan atau kegiatan yang dilakukannya bertentangan dengan law and order sesuai dengan Koninklijk Besluit tanggal 1 September 1919. Peraturan itu merupakan modifikasi dari pasal 111 R.R. (Regrering Reglement). Keempat, banyak tokoh pergerakan kebangsaan di Indonesia yang diasingkan, seperti Soekarno, Hatta, dan Syahrir.

Tuesday, April 21, 2015

Integrasi Sosial

Menurut kelompok kami Intergrasi sosial adalah suatu tindakan pengendalian suatu konflik dan penyimpangan sosial.

Sedangkan dalam bahasa inggris, Integrasi adalah "integration" yang berarti kesempurnaan atau keseluruhan. integrasi sosial dimaknai sebagai proses penyesuaian di antara unsur-unsur yang saling berbeda dalam kehidupan masyarakat sehingga menghasilkan pola kehidupan masyarakat yang memilki keserasian fungsi.

Setelah kita mengetahui tentang arti dari integrasi sosial, kita akan melihat faktor penghambat dan pendukung terlaksananya integrasi sosial

Berikut beberapa faktor penghambat intergrasi sosial :
  1. Banyak siswa yang berasal dari berbagai suku bangsa dan daerahnya masing-masing
  2. Besarnya paham “ etnosentrisme” diantara siswa. Paham ini berarti menonjolkan kelebihan budayanya dan menganggap rendah budaya suku bangsa lain.
  3. Rasa mementingkan diri sendiri sehingga menghiraukan kepentingan bersama.
  4. Tidak adanya sikap menghargai kebudayaan yang dimiliki oleh siswa lain.
Setelah itu, ini beberapa faktor pendukung integrasi sosial:
  1. Faktor internal:
    • Kesadaran diri para siswa sebagai makhluk sosial
    • Tuntutan kebutuhan
    • Jiwa dan semangat gotong royong
  2. Faktor eksternal
    • Tuntutan perkembangan jaman
    • Persamaan kebudayaan
    • Terbukanya kesempatan berpartisipasi dalam kehidupan bersama
    • Persamaan visi, misi, dan tujuan
    • Sikap toleransi
    • Adanya Konsensus nilai
    • Adanya tantangan dari luar
  3. Homogenitas Kelompok
    Dalam sekolah yang tingkat kemajemukan (SARA) nya rendah, akan memudahkan integrasi sosial
  4. Besar kecilnya kelompok
    Semakin kecil anggota kelompok/siswa didalam sekolah, semakin mudah pelaksanaan integrasi sosial
  5. Efektivitas komunikasi
    Semakin mudah berkomunikasi dengan para siswa, maka akan mempermudah pelaksanaan integrasi sosial
By:
Dwika Satrio D       XI IPS 1/12
Felicia Tanudjaja     XI IPS 1/17
Joseph                   XI IPS 1/24
Laura Novita           XI IPS 1/26
Stephen Hariono     XI IPS 1/32

Edited by:
Stephen Hariono

Supported by: