Saturday, November 21, 2015

Latihan Soal Agama Kejujuran dan Damai

Soal
1. Jelaskan melalui contoh bahwa Yesus tegas terhadap orang yang tidak jujur
2. Jelaskan arti dan makna kejujuran
3. Jelaskan ajaran Yesus tentang damai
4. Jelaskan macam-macam pencemaran
5. Jelaskan sebab-sebab pencemaran dan perusakan lingkungan
6. Jelaskan hubungan manusia jatuh dalam dosa dengan pencemaran lingkungan.

Jawab
1. Yesus tegas terhadap orang yang tidak jujur melalui contoh,
    Pada Matius 23 : 13-14, celakalah kamu guru-guru agama dan orang-orang farisi! Kalian tukang berpura-pura. Kalian menipu janda-janda dan merampas rumahnya, dan untuk menutupi kejahatan itu kalian berdoa panjang-panjang.
    Dari bacaan diatas menunjukkan bahwa Yesus marah dan akan memberikan hukuman kepada orang-orang farisi dan para pemuka agama yang tidak jujur. Yesus sangat membenci kemunafikan, dimana Ia sangat membenci melihat orang yang baik diluar tapi sangat buruk didalamnya.
2. Arti dan makna kejujuran, jujur dalam arti tidak curang dan tidak berbohong. Jadi, apa yang ada dihati, itu yang dilakukan.
3. Ajaran Yesus tentang damai, "damai sejahtera Kutinggalkan bagimu, damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu dan apa yang Kuberikan tidak sama dengan apa yang dunia berikan kepadamu." (Yoh 14 : 27)
Ajaran Yesus tentang damai berbeda dengan damai yang bersifat duniawi/dari sesama manusia, tapi damai dalam hati dan hanya bersumber dari Yesus sendiri.
4. Macam-macam pencemaran:
    1. Pencemaran/perusakan hutan
    2. Penangkapan/pembunuhan fauna
    3. Eksploitasi tambang tanpa memikirkan keamanan dan efek pada ekosistem sekitar
    4. Pencemaran air dengan membuang limbah cair tanpa penyaringan
    5. Pencemaran udara dengan pembakaran bahan bakar secara berlebihan
5. Sebab-sebab pencemaran dan perusakan lingkungan:
    1. Manusia, manusia belum menyadari efek dari tindakannya tersebut, baik efek terhadap dirinya sendiri, maupun makhluk hidup lainnya
    2. Kepadatan penduduk dan kemiskinan, dimana semakin padatnya penduduk dimasyarakat maka membutuhkan lahan baru untuk tempat tinggal maupun untuk memenuhi kebutuhan seperti makan dengan mengubah hutan menjadi sawah.
    3. Pandangan yang keliru mengenai hidup yang modern, dimana orang-orang menganggap bahwa hidup modern ini harus penuh dengan hal-hal yang bersifat duniawi.

6. Hubungan manusia jatuh dalam dosa dengan pencemaran lingkungan, Adam dan Hawa pada saat itu menuruti keinginan mereka setelah dihasut oleh iblis, dimana akhirnya mereka memakan buah itu, mereka menjadi bisa membedakan mana yang baik dan buruk. Hingga sekarang, manusia terus saja menyukai hal-hal yang menurut manusia baik, seperti hiasan-hiasan dari hewan dan tumbuhan. Memang, hal ini akan sangat bagus dan indah, tapi bila harus membunuh hewan maupun tumbuhan, maka akan merusak ekosistem bahkan kepunahan.


No comments: